Senin, 25 Oktober 2010

RPP SD IPA Kelas 4 semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : I dan II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa
di lingkungan kabupaten / kota dan Provinsi.
Kompetensi Dasar : Membaca peta lingkungan setempat / kabupaten / kota ,Provinsi dengan menggunakan skala sederhana.
Indikator : 1.1.1 Mengidentifikasi makna simbol-simbol (legenda) yang terdapat pada peta lingkungan setempat.
: 1.1.2 Menemu tunjukkan letak kabupaten, kota pada peta.
: 1.1.3 Menggambar peta provinsi setempat dengan menggunakan simbol dan tema tertentu.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengidentifikasi makna simbol-simbol (legenda) yang terdapat pada peta lingkungan setempat.
: Siswa dapat menemu tunjukkan letak kabupaten, kota pada peta.
: Siswa dapat menggambarkan provinsi setempat dengan menggunakan simbol dan tema tertentu.
II. Materi Ajar : Peta dan materi komponennya.
III. Metode Pembelajaran : - Ceramah - Diskusi
- Tanya jawab - Pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Pertemuan I
: Tanya jawab tentang simbol-simbol pada peta.
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS tentang menggambar peta lingkungan setempat
: Mencatat simbol-simbol (legenda) dalam peta.
: Menunjukkan letak kabupaten, kota, pada peta lingkungan setempat.
C. Kegiatan Akhir : Menyelesaikan soal latihan.
A. Kegiatan Awal : Pertemuan II
Menunjukkan peta provinsi
B. Kegiatan Inti : Membuat petak atau dam.
: Menggambar peta Provinsi Jatim.
C. Kegiatan Akhir : Memajang gambar Provinsi Jatim.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Peta Jawa Timur
Buku IPS ganesa hal 107-111

VI. Penilaian Tes Tulis : Pertemuan I
1. Simbol gunung berapi segitiga berwarna …
2. Batas Provinsi Jatim sebelah barat adalah …



Pertemuan II
1. Kesenian Reog berasal dari kota …
2. Di sekitar Gunung Bromo terdapat suku …
Tes Karya : Gambarlah peta Provinsi Jawa Timur !



Mengetahui,
Kepala Sekolah


NGATIDJAN
NIP.19510603 197401 1008
Guru Kelas IV


TOMY BUDI GURITNO
NIP. 19840911 200901 1004





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : III
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : Membaca peta lingkungan setempat / kabupaten / kota, provinsi dengan menggunakan skala sederhana.
Indikator : 1.1.4 Menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta.
1.1.5 Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis- garis koordinat.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta.
: Siswa dapat memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat.
II. Materi Ajar : Peta dan materi komponennya.
III. Metode Pembelajaran : -Ceramah -Diskusi
-Tanya jawab -Pemberian Tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Mengamati gambar peta
B. Kegiatan Inti : Penjelasan cara menghitung jarak tempat pada peta dengan menggunakan skala.
: Cara memperbesar dan memperkecil peta.
: Menggambar peta Jawa Timur dengan memperkecil ukuran.
C. Kegiatan Akhir : Mewarnai peta Jawa Timur.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Peta Jawa Timur.
IPS Grahadi hal. 130-133.
VI. Penilaian Tes Tulis : Jarak kota Malang-Surabaya pada peta 8 cm. Skala pada peta 1:2.000.000. Hitunglah jarak sebenarnya kota Malang-Surabaya !








Mengetahui,
Kepala Sekolah


NGATIDJAN
NIP.19510603 197401 1008
Guru Kelas IV


TOMY BUDI GURITNO
NIP. 19840911 200901 1004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : I dan II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendiskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi serta hubungan dengan keragaman sosial dan budaya.
Indikator : 1.2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam serta ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten / kota dan provinsi setempat.
: 1.2.2 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa alam (misal: gempa bumi, banjir, letusan gunung api, angin topan).
: 1.2.3 Mengidentifikasi pola perilaku anggota masyarakat yang dapat mempengaruhi peristiwa alam di lingkungan setempat.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri dan manfaat kenampakan alam serta cirri-ciri sosial budaya di kabupaten / kota dan provinsi setempat.
: Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa-peristiwa alam.
: Siswa dapat mengidentifikasi pola perilaku anggota masyarakat yang dapat mempengaruhi peristiwa alam di lingkungan setempat.
II. Materi Ajar : Kenampakan alam dan keragaman lingkungan.
III. Metode Pembelajaran : -Ceramah -Diskusi
-Tanya jawab -Pemberian Tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Pertemuan I
Tanya jawab tentang kejadian / peristiwa alam disekitar kita.
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS.
: Mendiskusikan cirri-ciri kenampakan alam setempat.
: Mendiskusikan peristiwa-peristiwa alam.
: Melaporkan hasil diskusi.
C. Kegiatan Akhir : Membuat rangkuman hasil diskusi.
A. Kegiatan Awal : Pertemuan II
: Tanya jawab tentang perilaku anggota masyarakat yang dapat mempengaruhi peristiwa alam.





B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS
: Mendiskusikan perilaku masyarakat yang dapat mempengaruhi peristiwa alam.
: Melaporkan hasil diskusi.
C. Kegiatan Akhir : Menulis kesimpulan hasil diskusi.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku IPS Grahadi hal. 103-113
VI. Penilaian : Tes Tulis
1. Gunung yang meletus mengeluarkan …
2. Penanaman hutan kembali disebut …
3. Penebangan hutan secara sembarangan dapat mengakibatkan …


Mengetahui,
Kepala Sekolah


NGATIDJAN
NIP.19510603 197401 1008
Guru Kelas IV


TOMY BUDI GURITNO
NIP. 19840911 200901 1004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : I dan II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : 1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
Indikator : 1.3.1 Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam di Provinsi Jatim.
: 1.3.2 Menemu tunjukkan pada peta persebaran sumber daya alam di Provinsi Jatim.
: 1.3.3 Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di Provinsi Jatim kaitannya kegiatan ekonomi.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengidentifikasi jenis sumber daya alam di lingkungannya.
: Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam di Provinsi Jatim.
: Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui.
: Siswa dapat menjelaskan manfaat sumber daya alam.
: Siswa dapat menemu tunjukkan pada peta persebaran sumber daya alam di Jatim.
II. Materi Ajar : Sumber daya alam.
III. Metode Pembelajaran : -Ceramah -Diskusi
-Tanya jawab -Pemberian Tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Pertemuan I
Mengadakan tanya jawab tentang sumber daya alam
B. Kegiatan Inti : Mendiskusikan jenis-jenis sumber daya alam.
: Membuat daftar sumber daya alam di Provinsi Jatim.
: Mengelompokkan sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui.
: Menunjukkan pada peta sumber daya alam yang ada di Prov Jatim.
: Melaporkan hasil diskusi.
C. Kegiatan Akhir : Merangkum hasil diskusi.
A. Kegiatan Awal : Pertemuan II
Mengadakan tanya jawab tentang sumber daya alam.
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS tentang manfaat sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi.
: Mendiskusikan manfaat sumber daya alam.
: Membuat daftar manfaat sumber daya alam dan hubungan dengan kegiatan ekonomi setempat.
C. Kegiatan Akhir : Merangkum tentang manfaat sumber daya alam kaitannya dengan kegiatan ekonomi.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku IPS Grahadi hal. 23-33.
: Buku IPS Erlangga hal. 23-42.
VI. Penilaian Tes Tulis : Pertemuan I
1. Sebutkan sumber daya alam yang ada di lingkunganmu
2. Berilah contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui !
Pertemuan II
1. Kelapa Sawit digunakan untuk bahan …
2. Bahan baku pembuatan tahu adalah …
3. Karet digunakan untuk pembuatan …
Mengetahui,
Kepala Sekolah


NGATIDJAN
NIP.19510603 197401 1008
Guru Kelas IV


TOMY BUDI GURITNO
NIP. 19840911 200901 1004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : III
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : 1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
Indikator : 1.3.4 Menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumber daya alam.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumber daya alam.
II. Materi Ajar : Sumber Daya Alam
III. Metode Pembelajaran : -Ceramah -Diskusi
-Tanya jawab -Pemberian Tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Menunjukkan benda kongkrit yang ada hubunganya degan sumber daya alam.
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS
: Mediskusikan perlunya menjaga kelestarian sumber daya alam
: Melaporkan hasil diskusi kelompok.
C. Kegiatan Akhir : Merangkum hasil diskusi.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku IPS Grahadi hal. 33-37
: Buku IPS Erlangga hal 23-42.
: Lingkungan sekitar
: Peta
VI. Penilaian Tes Tulis : 1. Salah satu cara melestarikan hutan adalah …
2. Di Wajak Tulungagung terdapat tambang apa …
3. Sumber daya alam perlu dijaga kelestariannya karena













Mengetahui,
Kepala Sekolah


NGATIDJAN
NIP.19510603 197401 1008
Guru Kelas IV


TOMY BUDI GURITNO
NIP. 19840911 200901 1004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : I dan II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : 1.4. Memahami keragaman suku dan budaya setempat ( kabupaten / kota provinsi )
Indikator : 1.4.1 Menjelaskan tentang keragaman suku bangsa di provinsi setempat.
: 1.4.2 Menjelaskan pentingnya persatuan dala keragaman.
: 1.4.3 Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan tentang keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
: Siswa dapat menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman.
: Siswa dapat membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
II. Materi Ajar : Keragaman suku bangsa
: Keragaman suku bangsa budaya setempat.
: Mewujudkan sikap menghargai keragaman suku&budaya di masy.
III. Metode Pembelajaran : -Ceramah -Diskusi
-Tanya jawab -Pemberian Tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Pertemuan I
Menyanyikan lagu “ Dari Sabang Sampai Merauke “
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS tentang keanekaragaman suku bangsa dan budaya.
: Mendiskusikan tentang kebhinekaan yang ada di kabupaten / kota dan provinsi
: Mengamati atlas budaya kebhinekaan di provinsi setempat.
: Melaporkan hasil diskusi dan pengamatan.
C. Kegiatan Akhir : Merangkum hasil diskusi.
A. Kegiatan Awal : Pertemuan II
Menyanyikan lagu “ Satu Nusa Satu Bangsa “
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS.
: Mendiskusikan perbandingan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat.


: Menceritakan perbandingan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa.
: Membuat daftar manfaat sumber daya alam dan hubungan dengan kegiatan ekonomi setempat.
C. Kegiatan Akhir : Pemberian tugas.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku IPS Grahadi hal. 3-22
: Buku IPS Erlangga hal. 2-22.
: Gambar rumah adapt, pakaian adapt, alat musik,tarian adat
VI. Penilaian Tes Tulis : Pertemuan I
1. Bhineka Tunggal Ika berasal dari buku …
2. Upacara pembakaran mayat di Bali disebut …
Pertemuan II
1. Rumah adat Joglo terdapat di Provinsi …
2. Tari Reog berasal dari daerah …
Mengetahui,
Kepala Sekolah


NGATIDJAN
NIP.19510603 197401 1008
Guru Kelas IV


TOMY BUDI GURITNO
NIP. 19840911 200901 1004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : III
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : 1.4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat ( kabupaten / kota provinsi )
Indikator : 1.4.4 Menjelaskan daerah asal seni budaya di provinsi setempat.
: 1.4.5 Memberi contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan asal seni budaya di provinsi setempat
: Siswa dapat memberi contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat
III. Metode Pembelajaran : -Ceramah -Diskusi
-Tanya jawab -Pemberian Tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Menyanyikan lagu “ Indonesia Tanah Air Beta “
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS
: Mengamati gambar suku-suku bangsa di Indonesia dan seni budaya keragaman suku bangsa di Indonesia.
: Melaporkan hasil diskusi.
C. Kegiatan Akhir : Menyelesaikan tugas
: Membuat kliping rumah adapt / tarian adat
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku IPS Erlangga hal. 2 - 22
: Buku IPS Grahadi hal 3 - 22
VI. Penilaian Tes Tulis : 1. Alat musik kecapi berasal dari …
2. Cara menggunakan alat musik kulintang dengan …
3. Jika kita tidak menghargai suku bangsa lain akibatnya...
















Mengetahui,
Kepala Sekolah


NGATIDJAN
NIP.19510603 197401 1008
Guru Kelas IV


TOMY BUDI GURITNO
NIP. 19840911 200901 1004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : I, II dan III
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : 1.5. Menghargai berbagai peninggalan sejarah dilingkungan setempat ( kabupaten / kota, provinsi ) dan menjaga kelestariannya.
Indikator : 1.5.1 Mengidentifikasi peninggalan sejarah di Provinsi Jawa Timur
: 1.5.2 Menjelaskan cara menghargai peninggalan sejarah di Provinsi Jawa Timur.
: 1.5.3 Menjelaskan manfaat menjaga kelestarian peninggalan sejarah.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengidentifikasikan peninggalan sejarah di Provinsi Jawa Timur.
: Siswa dapat menjelaskan cara mengharagai peninggalan sejarah di Provinsi Jawa Timur.
: Siswa dapat menjelaskan manfaat menjaga kelestarian peninggalan sejarah.
II. Materi Ajar : Peninggalan Sejarah
III. Metode Pembelajaran : -Ceramah -Diskusi
-Tanya jawab -Pemberian Tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Pertemuan I
Tanya jawab peninggalan sejarah di lingkungan setempat.
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS tentang peninggalan sejarah.
: Mendiskusikan peninggalan sejarah di Provinsi Jawa Timur
: Melaporkan hasil diskusi.
: Membahas hasil diskusi.
C. Kegiatan Akhir : Pemberian tugas rumah mengumpulkan gambar-gambar peninggalan sejarah.
A. Kegiatan Awal : Pertemuan II
Tanya jawab peninggalan sejarah di provinsi lain.
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS tentang peninggalan sejarah
: Mendiskusikan cara menghargai macam-macam peninggalan sejarah.
: Melaporkan hasil diskusi.
C. Kegiatan Akhir : Pemberian pekerjaan rumah.
A. Kegiatan Awal : Pertemuan III
Tanya jawab tentang peninggalan sejarah agama-agam yang ada di Indonesia.
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS.
: Mendiskusikan manfaat menjaga kelestarian peninggalan sejarah.
: Melaporkan hasil diskusi.
C. Kegiatan Akhir : Memajang gambar-gambar peninggalan sejarah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku IPS Grahadi hal 115 - 123
: Buku IPS Erlangga hal 146 -166 : Buku IPS Balai Pustaka hal 79 - 84
: Gambar-gambar peninggalan sejarah.
VI. Penilaian Tes Tulis : Pertemuan I
1. Candi Trowulan berada di daerah …
2. Candu Penataran berada di daerah …
: Pertemuan II
1. Siapakah yang wajib menjaga peninggalan sejarah ?
2. Bagaimana cara merawat bangunan bersejarah yang baik ?
: Pertemuan III
1. Apakah manfaat menjaga kelestarian sejarah ?
2. Tulislah pendapatmu bila peninggalan sejarah tidak terawat !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : I dan II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : 1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya.
Indikator : 1.6.1 Menjelaskan pengertian pahlawan dan sifat patriotisme.
1.6.2 Mengidentifikasi pahlawan di lingkungan setempat.
1.6.3 Menceritakan kepahlawanan dan patriotisme di lingkungannya
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan pengertian pahlawan dan sifat patriotisme.
Siswa dapat mengidentifikasi pahlawan di lingkungan setempat.
Siswa dapat menceritakan kepahlawanan dan patriotisme di lingkungannya.
II. Materi Ajar : Kepahlawanan.
III. Metode Pembelajaran : -Ceramah -Diskusi
-Tanya jawab -Pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Pertemuan I
Tanya jawab tentang pahlawan.
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS tentang kepahlawanan.
Mendiskusikan kepahlawanan dan patriotisme.
Membuat daftar nama pahlawan di lingkungan setempat.
Melaporkan hasil diskusi dan pembahasan bersama.
C. Kegiatan Akhir : Mencatat nama-nama pahlawan.
A. Kegiatan Awal : Pertemuan II
Tanya jawab tentang pahlawan.
B. Kegiatan Inti : Mengamati gambar-gambar pahlawan.
Mendiskusikan yang termasuk sikap kepahlawanan dan patriotisme.
Melaporkan hasil diskusi dan pembahasan bersama.
C. Kegiatan Akhir : Pemberian tugas mengumpulkan gambar-gambar pahlawan.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Gambar-gambar pahlawan.
IPS Erlangga hal. 79-94.
IPS Grahadi hal 65-73.
VI. Penilaian Tes Tulis : Pertemuan I
1. Apakah yang dimaksud dengan pahlawan ?
2. Siapakah pemimpin pemberontakan PETA di Blitar ?

: Pertemuan II
1. Pahlawan kita dahulu berperang melawan penjajah, kita sekarang berperang melawan …
2. Hari pahlawan diperingati setiap tanggal …
Tes Lisan : Pertemuan I
1. Siapa yang disebut pahlawan tanpa tanda jasa ?
2. Siapakah nama pahlawan pendidikan nasional yang I ?
: Pertemuan II
1. Rela berkorban artinya …
2. Pahlawan wanita dari Jawa Tengah adalah …


Mengetahui,
Kepala Sekolah


NGATIDJAN
NIP.19510603 197401 1008
Guru Kelas IV


TOMY BUDI GURITNO
NIP. 19840911 200901 1004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN PAKEL III, Bareng
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV / I
Pertemuan Ke- : III
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : 1.6 Meneladani kapahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh dilingkungannya.
Indikator : 1.6.4 Menunjukkan sikap meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungan setempat.
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menunjukkan sikap teladan kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungan setempat.
Siswa dapat mencontoh sikap teladan kepahlawanan dan patriotisme.
II. Materi Ajar : Kepahlawanan.
III. Metode Pembelajaran : -Ceramah -Diskusi
-Tanya jawab -Pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Menyanyi lagu “Pahlawan Merdeka”.
Tanya jawab tentang perilaku dan sikap yang bisa diteladani di lingkungannya.
B. Kegiatan Inti : Membaca buku IPS tentang kepahlawanan.
Mendiskusikan contoh sikap meneladani kepahlawanan dan patriotisme.
Melaporkan hasil diskusi, diteruskan pembahasan.
C. Kegiatan Akhir : Mengerjakan soal latihan.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku IPS Grahadi hal. 65-73.
Buku IPS Erlangga hal 79-94.,kaset.
VI. Penilaian Tes Tulis : 1. Sikap kepahlawanan dan patriotisme perlu diamalkan dalam kehidupan …
2. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa …




Tes Lisan : 1. Sikap yang berani mengakui kelemahan dan kekurangan yang dilakukan disebut …
2. Perjuangan tidak mungkin berhasil tanpa …








Mengetahui,
Kepala Sekolah


NGATIDJAN
NIP.19510603 197401 1008
Guru Kelas IV


TOMY BUDI GURITNO
NIP. 19840911 200901 1004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar